Ulasan Tentang Kutu Kemaluan

Hi guys jumpa lagi nih sama mimin yang selalu memberikan kalian artikel-artikel yang menarik dan kali ini kita akan membahas tentang seekot makhluk kecil yang selalu membuat masalah pada bagian yang berambut. Yah makhiuk apa lagi namanya kalau bukan kutu.

Tapi guys yang kita bahas kali ini bukanlah kutu yang ada di rambut kepala melainkan kutu yang ada pada rambut kemaluan. Nama lain dari kutu ini adalah parasit pthirus pubis dan kutu jenis ini dapat menyebabkan penyakit pedikulosis pubis atau phthiriasis pubis yang berarti infeksi kulit.

Tempat hidup parasit ini biasanya pada rambut kemaluan manusia dan sumber makanan dari parasit ini adalah darah. Konon katanya guys kutu ini dapat menyebabkan rasa gatal yang amat sangat luar biasa pada area yang menjadi rumaghnya.( wadow kalau sampai dikunjungi kutu ini bakal garuk-garuk lah)

Kutu ini tidak hanya tinggal pada kemaluan dan anus melainkan mereka juga dapat tinggal pada rambut kaki, dada, perut, punggung, ketiak, hingga area wajah, seperti kumis dan jenggot. Kutu kemaluan juga dapat mendiami bulu mata dan alis mata tapi yang ini masih jarang terjadinya. Satu tempat yang gak bisa ditinggali kutu jenis ini adalah rambut pada kulit kepala ini dikarenakan kulit kepala sangatlah tipis. Jadi disini mimin mau ngejelasin tentang bagaimana kutu ini bisa ada dan cara menghilangkannya.

Penyebab Timbulnya Kutu Kemaluan

Seperti yang tadi sudah mimin jelasin,penyakit ini disebabkan oleh parasit Pthirus pubis. Tanpa kita sadari penyakit ini ternyata berasal dari hubungan badan pada bagian vaginal, anal, dan oral.

Penyebaran kutu ini ternyata tidak hanya terjadi pada saat berhubungan badan akan tetapi berciuman dan berpelukan juga bisa lo guys. Selain dari sentuhan badan penyebaran dapat terjadi melalui penggunaan pakaian, seprai atau handuk secara bersamaan (kongsi).

Nah,hal lain yang dapat memicu kutu ini adalah kalau kalian jarang ganti pakaian terutama pakaian yang bagian dalam. Anak-anak juga dapat terkena kutu ini tapi bagian yang biasa diserang pada anak-anak adalah area alis dan bulu mata. Kutu kemaluan pada anak-anak biasanya muncul di akibatkan karena pelecehan seksual dan ini adalah hal yang perlu diwaspadai.

Ukuran dari kutu ini sangatlah kecil dan ukuran yang dewasa saja hanya mencapai 2 mm. Meskipun berukuran sangat kecil tetap saja kita dapat melihat kutu ini karena kutu ini memiliki warna yang dapat membuat mereka terlihat. Warna yang dimiliki kutu ini adalah kuning keabu-abuan, cokelat dan merah. Kutu kemaluan juga sering disebut crabs karena memiliki dua capit di bagian depan untuk mencengkeram bulu atau rambut. Kutu ini tidak dapat terbang atau loncat sehingga dia hanya akan merayap dari rambut ke rambut untuk mengisap darah manusia.

Masa untuk bertahan jika para kutu ini tidak makan adalah 1-2 hari lalu mereka akan berpindah pada manusia yang lainnya( tidak pada hewan). Kutu betina juga dapat meninggalkan telurnya (nits) yang berwarna cokelat pucat pada rambut yang dihinggapinya dan telur itu akan menetas dalam waktu 6-10 hari.

Gejala Yang Akan ditimbulkan

Gejala umum yang ditimbulkan dari kutu ini adalah rasa gatal yang super duper wow dan para kutu nakal ini akan meninggalkan bintik biru atau seperti bercak darah pada bagian yang digigit. Rasa gatal ini akan semakin buruk pada malam hari dan ini disebabkan karena kutu ini semakin aktif pada waktu malam.

Diagnosis Kutu Kemaluan

Cara yang biasa dilakukan untuk mendeteksi kutu ini adalah dengan menggunakan kaca pembesar dan mikroskop.
Langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah para dokter akan memeriksa pasangan yang secara aktif melakukan hubungan seksual denganmu . Hal ini dilakukan karena sebagian penderita penyakit kutu kemaluan menular dari pasangan yang memiliki penyakit sifilis, gonore, klamidia dan HIV.

Pengobatan Kutu Kemaluan

Pengobatan dari penyakit kutu ini sebenarnya bisa di bilang simple hanya tergantung pada diri kita. Kita hanya perlu menggunakan losion, krim  atau sampo antiparasit sesuai dengan anjuran dokter.
Pengobatan yang dilakukan dengan krim, losion maupun sampo dapat diaplikasikan pada area yang terinfeksi atau pada seluruh tubuh, tergantung pada jenis obat yang digunakan.

Sebelum melakukan pengobatan sebaiknya kalian konsultasi kepada dokter atau farmasi bilamana kalian sedang hamil karena ini bisa berakibat buruk pada kandungan ibu hamil, menyusui atau kalian yang masih berusia di bawah 18 tahun. Jika pengobatan yang dilakukan tidak kunjung sembuh maka dokter akan memberikan obat jenis lain karena mungkin kutu bersifat resisten atau kebal terhadap obat.

Sangat disarakan untuk selalu mencuci pakaian, seprai dan handuk menggunakan mesin cuci atau dengan air panas untuk membasmi kutu kemaluan sekaligus mencegah terulangnya infeksi.

Komplikasi Dari Kutu Kemaluan

Komplikasi penyakit yang dapat terjadi adalah gangguan pada mata dan kulit. Iritasi kulit ini dapat terjadi akibat seringnya menggaruk area yang didiami oleh kutu. Selain itu, iritasi juga dapat memicu furunkulosis, yaitu kemunculan bisul pada kulit. Peradangan yang terjadi pada mata dapat berupa kondisi blepharitis dan infeksi pada selaput lendir matai.

Pencegahan Kutu Kemaluan

Cara yang paling simple dalam menghidari kutu ini adalah dengan tidak memakai pakaian, handuk atau seprai secara bergantian dengan seseorang yang terinfeksi. Jika kutu kemaluan juga menyerang anggota keluarga yang lain, disarankan untuk melakukan pemeriksaan pada seluruh anggota yang belum terkena infeksi kutu untuk mencegah penyebaran.

Kutu ini juga dapat menular pada hubungan seksual jadi sangat disarankan selama tiga bulan terakhir para pasangan harus menjalani tes penyakit menular seksual (PMS) untuk mencegah infeksi terulang. Sebaiknya selama masa perawatan para pasangan dapat menahan untuk tidak berhubungan badan setidaknya hingga kalian telah sembuh total dari kondisi ini.

Serem kan guys,makannya guys kalau gak mau di datangi si kutu lebih baik kita menjaga kebersihan diri kita ya guys….. Semoga bermanfaat.