Wow, Inilah Orang Yang Membedah Dirinya Sendiri

Seperti yang kita ketahui guys, hal yang paling rumit dalam dunia kedokteran adalah bedah atau operasi. Saat seorang dokter akan melakukan sebuah operasi mereka harus melakukan serangkaian tes, uji lab dan analisa yang mendalam. Hal ini dilakukan untuk melancarkan proses operasi dan keselamatan sang pasien.

Akan tetapi ada beberapa dokter yang memliki kisah tersendiri saat melakukan pembedahan. Tapi yang kita bahas bukanlah kasus dokter dengan pasienya, melainkan dengan diri mereka sendiri karena mereka harus mengambil keputusan untuk menyelematkan diri mereka sendiri.

Berikut ini adalah beberapa dokter yang mengoperasi diri mereka sendiri:

1. Dr. Jerry Nielsen

Salah satu dokter yang memiliki pengalaman bedah yang cukup banyak adalah Dr. Jerry Nielsen. Pada tahun 1988, dia diutus untuk pergi Ke Amudnsen-Scott, di Kutub Selatan. Dia akan menjalani sebuah misi dengan menjadi satu-satunya dokter yang ada di Kutub Selatan sepanjang musim dingin.

Akan tetapi hal yang tidak diinginkan terjadi. Pada awal Maret 1999, Dr. Jerry menderita kanker di dada kirinya. Ia kemudian mengontak beberapa rekannya di Amerika Serikat untuk membuat keputusan pada dirinya sendiri yang pada akhirnya dia memutuskan untuk melakukan operasi kanker pada dirinya sendiri.

Dalam keadaan sadar ia membimbing jalannya operasi pada dirinya sendiri. Ia dibantu oleh staf perawat yang ada di sana. Setelah pengangkatan sel kanker, Dr. Jerry pun melakukan kemoterapi pada dirinya sendiri. Kisah inspiratif dokter cantik ini telah dituangkan dalam buku dan dijadikan film.

2. Dr Evan O’Neill Kane

Di bidangnya dalam ilmu kedokteran Dr. Kane adalah seorang professor medis yang sangat berpengalaman dan dihormati. Dia adalah seorang dokter kepala pada sebuah Rumah Sakit di New York City’s Kane Summit. Satu tujuan yang dicapai Dr. Kane adalah ia ingin membuktikan kepada dunia, bahwa pembiusan total tidak diperlukan dalam tindakan bedah minor.

Dan untuk membuktikan semua itu, Dr. Even telah membuat keputusan untuk membedah dirinya sendiri. Bagian yang akan di bedah adalah perutnya dan hanya pada bagian itu yang akan dibius, sementara bagian kepala dan tangannya tidak. Diapun mulai melakukan pembedahan apendiks dengan menyayat perutnya sendiri dan dia dibantu oleh tiga dokter lain yang berperan sebagai asisten.

3. Sampson Parker

Seorang petani jagung asal South Carolina yang bernama Parker telah mengalami kejadian yang sangat mengerikan. Kejadian itu terjadi pada September 2007 saat ia sedang menanam padinya. Ketika ia sedang memasukkan jagung-jagung ke mesin perontok biji jagung, tiba-tiba saja mesin itu berhenti dan ternyata ada sesuatu yang tersangkut. Tanpa berpikir panjang Parker memasukan tangannya ke mesin untuk menyingkirkan benda yang tersangkut itu. Sarung tangannya tersangkut dan akhirnya lengannya masuk ke dalam mesin perontok itu.

Parker meminta tolong, tapi ternyata dia benar-benar sendiri di ladangnya. Mesin itu terus berjalan dan seperti memakan tangannya hingga kebagian siku. Tanpa pikir panjang lagi, Parker mengambil pisau dan memotong tangannya sendiri. Tapi pada saat itu dia kesulitan untuk memotong tulangnya, kemudian ia mengandalkan berat badannya untuk mematahkan tulangnya.

4. Dr. Leonid Rogozov

Dr. Rogozov adalah seorang dokter berkebangsaan Uni Soviet yang kemudian ditugaskan ke Antartika ketika berumur 27 tahun. Ketika sedang menjalankan tugas di sana, dia merasakan ada yang tidak beres pada ususnya. Tapi hanya dia satu-satunya ahli medis di sana dan dia tidak bisa minta tolong pada siapapun.

Sampai pada akhirnya ia melakukan operasi terhadap dirinya sendiri. Dia membedah ususnya dengan posisi tertidur. Operasi yang menyakitkan ini berlangsug selama dua jam. Syukurnya, Dr. Rogozov berhasil dalam pembedahan itu dan sembuh tiga minggu kemudian.

5. Inez Ramirez

Ramirez adalah seorang ibu yang telah memiliki tujuh anak. Dia tinggal di salah satu desa terpencil di Meksiko, dimana hanya terdapat 500 penduduk dan satu sambungan telepon. Pada saat itu kehamilannya telah mencapai bulannya, Ramirez merasa dirinya akan melahirkan.

Tapi pada saat itu ia sedang sendiri dan para tetangganya sibuk di ladang masing-masing. Ramirez mencoba mengedan dan melahirkan secara normal, namun sang jabang bayi tidak kunjung keluar. Akhirnya, Ramirez mengambil pisau dapur sepanjang 13 cm dan melakukan operasi cesar terhadap dirinya sendiri. Diapun melahirkan anak laki-laki yang sehat tanpa bantuan medis sama sekali. Benar-benar perjuangan seorang ibu ya guys.

Kalau dipikir-pikir kejadian ini sangatlah tidak masuk di akal tapi ini semua memanglah kenyataan dan janganlah membuat keputusan yang bisa berakibat fatal pada diri kita.