Hewan Yang Selalu Di Sembah

Penyembahan binatang juga dikenal sebagai Zoolatry, ini adalah ritual keagamaan untuk hewan yang dianggap sebagai dewa seperti sapi yang disembah di Hindu serta Persia kuno. Hal ini diyakini bahwa hewan-hewan ini adalah perwakilan dari dewa yang memiliki karakteristik ilahi. Penyembahan pada binatang adalah bagian yang sangat penting dari agama Mesir kuno. Di berbagai belahan dunia, hewan di sembah untuk alasan yang berbeda. Berikut adalah beberapa hewan yang paling sering di sembah di seluruh dunia:

A. Babi

Pig who is represented on a white background

Di Mesir Kuno babi dianggap sebagai dewa yang sangat suci. Tuhan mereka muncul sebagai babi dengan bulu tegak yang bisa mengatasi badai, kegelapan, gurun dan kekacauan. Bahkan babi dikorbankan dalam nama Tuhan. Orang Yunani juga mempraktekkan ritual mengorbankan babi untuk Dewi Demeter mereka . Dewi ini mewakili gandum, kesuburan, kemurnian dan juga menghargai pemuda, melestarikan pernikahan. Shio babi adalah salah satu dari dua belas binatang yang menguntungkan. Orang Celt juga menyembah ‘Tuhan Babi’ yang bernama Moccus.

B. Ular

th

Di Karnataka, ular di India dianggap sebagai dewa-dewa yang dipuja. Penyembahan ular telah ada dalam beberapa budaya dan tradisi lama. Terutama dalam budaya Hindu, Dewa Siwa memakai Nag ” Cobra India” di lehernya sebagai hiasan. Cobra’s adalah ular yang paling suci di antara seluruh ular di India. Ada suatu perayaan istimewa untuk ular yang disebut Nag Kosala, di mana semua orang menyembah ular dan dewa mereka. Ini adalah sebuah festival yang dirayakan di seluruh India, masyarakat menawarkan doa, susu dan menyembah ular. Tidak hanya di India, bahkan di bagian lain dunia lama seperti Amerika juga menyembah ular. Di India Selatan mereka menyembah ular yang hidup. Orang Mesir menyembah sejumlah dewa ular .

C. Harimau

animal-tiger-wallpaper-3

Menurut mitos dan budaya China, harimau termasuk dalam salah satu dari 12 zodiak binatang. Seni bela diri Cina mempertimbangkan harimau sebagai simbol bumi. Untuk budaya Asia Timur, harimau adalah simbol royalti karena memiliki sifat keberanian dan kemarahan. Di Cina ada pinggiran kota yang bernama Kunming yang merupakan tempat atraksi turis untuk melihat ibadah harimau. Di sini penyembahan harimau di jadikan sebagai atraksi turis. Dalam Hindu, harimau dikaitkan dengan Dewa Siwa dan Dewi Durga. Di Nepal, festival harimau disebut sebagai Bagh Jatra. Bagian lainnya di Vietnam, ada sebuah kuil harimau di setiap desa. Harimau selalu di kagumi karena kekuatan, keganasan dan royalti.

D.Sapi

hqdefault

Dalam Hindu, ternak dianggap suci, bahkan bangsa Zoroastrianisme, Mesir kuno dan Yunani juga mempertimbangkan mereka untuk menjadi menguntungkan. Sapi dan kerbau yang disembah oleh orang dan penyembelihan lembu dipandang sebagai persembahan kepada Allah. Di India Selatan, sebuah ritual Toda dilakukan di mana anak sapi jantan dikorbankan dan kemudian dimakan oleh laki-laki dewasa. Lain lagi di Mesir, mereka merayakan ulang tahun sapi setiap tahun dan jika sapi itu mati maka akan di jadikan mumi. Ritual yang sama diikuti di Nil. Di India sapi dihormati dari semua hewan dan produk-produknya ajaib untuk India. Sapi adalah simbol kekayaan dan minum urin sapi dianggap dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran.

E. Gajah

gajah1

Di Thailand orang-orang percaya bahwa gajah putih dapat menyimpan jiwa orang yang sudah mati. Di India, Tuhan Ganesa memiliki kepala gajah. Ini juga di jadikan sebagai festival yang disebut Alunam, yaitu perempuan yang belum menikah menyembah gajah dengan menari sambil menyanyikan lagu. Dalam budaya tertentu patung-patung gajah digunakan untuk menampilkan pentingnya menyembah gajah. Di Sumatera patung gajah dibangun sebagai “kursi untuk jiwa-jiwa”. Borneo Utara memegang arti yang sama sekali berbeda. Patung-patung kayu gajah ditempatkan di bagian atas tiang bambu setelah kepala suku telah mengumpulkan sejumlah tertentu kepala manusia. Hal ini dianggap sebagai simbol kehormatan. Gajah memegang tempat khusus dalam budaya Hindu dan tradisi. Ada candi di India Selatan yang melatih gajah untuk ibadah Bait. Tidak ada turis yang ke India melewatkan pemandangan gajah yang sedang menyembah di kuil-kuil.