Kejadian Tsunami Pada Zaman Kuno

Liputan berita modern telah membuat dunia menyadari akan kekuatan yang mengerikan dari gelombang pasang akan tetapi masih sedikit yang mengetahui bahwa tsunami yang mematikan ini telah terjadi dari waktu zaman kuno. Tsunami terbesar dan tertua dalam sejarah adalah pembunuh karena mereka dapat melanggar dinding yang dimaksudkan untuk menjaga air laut keluar dan memasuki semua desa. Berikut adalah beberapa kejadian Tsumami terbesar yang pernah terjadi.

A. The Culture Killing Tsunamis

Penduduk Maori mempunyai cerita yang mengerikan tentang banjir yang menyapu seluruh armada dan masyarakat. Kejadian ini sangat tragis karena tsunami ini telah menghancurkan Selandia Baru dan menghancurkan desa yang mayoritas penduduknya orang Maori. Ketika laut menaikkan air pasangnya, maka pengetahuan dan keterampilan akan pergi lenyap bersama dengan orang mati.

B. The New York Hit

Sesuatu telah terjadi pada New York City, beberapa jenis kerang dan fosil laut telah ditemukan di Long Island dan New Jersey karena akibat dari tsunami di Samudra Atlantik yang luar biasa langka dan keras. Beberapa ahli mendapatkan koleksi aneh dari badai yang sangat besar ini. Tsunami kali ini memiliki kekuatan, kecepatan dan arus yang sangat deras.

C. The Oldest Tsunami

Selama dalam upaya untuk mengkompilasi sebuah database tsunami di Australia para peneliti telah mengumpulkan beberapa fakta yang menarik. Pertama, mereka telah menemukan bahwa benua ini kebal terhadap kekuatan destruktif alam, dari semua tempat hanya di sinilah yang memiliki gelombang pasang paling kuno di dunia.

Tidak ada misteri dari tsunami tertua ini karena sebenarnya itu terjadi akibat sebuah asteroid yang pecah menjadi Pilbara district of Western Australia yang pernah terjadi 3,47 miliar tahun yang lalu dan hal yang sama terjadi lagi 2,5 juta tahun yang lalu.

D. The Drowning Of Lebanon

Lebanon adalah tempat yang terkena dampak paling kejam bahkan para ahli gempa tidak dapar mempercayainya. Kesalahan yang didokumentasikan di Laut Mediterania menunjukkan tentang aktivitas tsunami yang akan terjadi 1500 tahun sekali dan ternyata para peneliti salah dalam perhitungan dan mereka melihat kematian pada skala massal yang benar-benar membuat mereka terkejut. Kedalaman dasar laut turun hingga mencapai 1,53 meter (5–10 kaki) dan ini dapat membuat air cukup untuk melepaskan tsunami yang hebat seperti yang terjadi di Lebanon.

E. The Triple Threat

Tsunami tidak hanya datang sendirian, terkadang ini dapat di anggap sebagai trio yang mengerikan karena tsunami yang mematikan ini selalu datang bersama dengan gempa bumi dan diikuti oleh api. Pada tanggal 1 November 1755, warga Lisbon Portugal sedang menghadiri Misa pagi untuk hari All Saints dalam waktu sepuluh menit, tiga gempa besar telah mengguncang kota.

Banyak gereja-gereja yang hancur dan bangunan menjadi runtuh. Ketinggian gelombang ini mencapai 12 meter (39 ft) dan ini telah menghantam beberapa tempat pelabuhan yang ada. Orang-orang yang berada di sana harus menderita karena badai yang terjadi selama lima hari.

Lisbon sekarang hanyalah tinggal sebuah reruntuhan dan hampir 60.000 orang telah binasa. Raja Joseph telah membuat manajemen krisis yang pertama dalam sejarah, ia akan memberikan bantuan kepada warga dan membantu mereka untuk membangun kota mereka kembali. Bencana ini juga yang pertama kalinya dan mereka juga menganggap bahwa bencana ini adalah kemurkaan dari Tuhan.

F. The Santiago Boulders

Santiago masih berada di sekitar gunung Fogo yang merupakan salah satu gunung berapi paling mengesankan di bumi dan gunung ini dinyatakan juga masih aktif. Simulasi komputer menghitung bahwa 73.000 tahun yang lalu hujan batu besar di Fogo mulai turun dan itu sangat mematikan yang pada akhirnya membuat Santiago mengalami tsunami raksasa setinggi 170 meter (558 kaki) gelombang pasang ini dikenal sebagai yang terbesar dalam sejarah.