Daftar Gunung Berapi Yang Masih Aktif Sampai Sekarang

Di tahun-tahun awal, gunung berapi dianggap sebagai hukuman dari Allah bagi yang terlibat dalam perbuatan yang salah. Dengan adanya teknologi yang canggih saat ini, kita mampu memahami bahwa letusan gunung berapi merupakan hasil gerakan lempeng tektonik yang ada dalam inti bumi. Sebagai hasil dari gerakan ini, akhirnya jumlah besar magma dapat dirilis. Gunung berapi diklasifikasikan sebagai gunung Dormant, Extinct dan Aktif. Gunung berapi Dormant adalah gunung berapi yang tetap aktif selama lebih dari 10.000 tahun. Gunung berapi Extinct adalah gunung berapi yang kehabisan magma dan yang tidak dapat meletus lagi.

Gunung berapi Aktif adalah gunung yang masih bisa menghasilkan magma dalam 10.000 tahun terakhir. Hal ini dilaporkan bahwa masih ada hampir 1500 gunung berapi yang masih aktif di dunia. 75% dari mereka terletak di dekat Pacific Ring of Fire. Orang-orang di wilayah sekitarnya akan selalu merasa dalam cengkeraman rasa takut karena setiap saat bisa saja gunung berapi akan meletus. Gunung berapi dapat menghasilkan dampak berat pada properti, kehidupan, dan ini telah dirasakan selama berabad-abad. Letusan gunung berapi diukur berdasarkan skala Volcanic (Volcanic Explosivity Index). Letusan dengan ukuran 0.1 kilometer kubik magma atau lebih diklasifikasikan sebagai letusan yang besar.

Letusan terakhir Eyjafjallajokkul terjadi pada bulan April 2010. Apa yang membuatnya begitu aneh di antara gunung berapi lainnya? Ini adalah sebuah gunung berapi yang berada di Islandia dan sekali lagi ini telah membuktikan kemampuan dan kekuatan dari alam.

Di sini saya akan hadirkan kepada kalian semua tentang gunung berapi yang paling aktif di dunia.

A. Mauna Loa Volcano:

mauna-loa1

Terletak di Kepulauan Hawaii, ini adalah salah satu dari lima gunung berapi yang membentuk pulau Hawaii di Amerika Serikat. Menurut volumenya ini adalah gunung berapi terbesar di dunia. Ini memegang 18.000 kubik mil dari magma dan memiliki tinggi 120 kaki di atas permukaan laut (yang biasanya lebih rendah dibandingkan dengan yang lain). Itu telah meletus selama lebih dari 700.000 tahun. Letusan terakhir gunung berapi ini terjadi pada Maret 1984 dan itu berlangsung selama lebih dari 24 hari dan ini menyebabkan kerusakan berat untuk orang-orang dan daerah sekitarnya.

B. Taal Volcano:

taal-volcano

Ini telah menjadi bagian dari pulau Filipina, Gunung Berapi Taal terletak di Pulau Luzon. Gunung ini terletak di posisi pusat Danau Taal yang terbentuk akibat letusan gunung berapi yang besar. Hal ini juga dikenal sebagai “Gunung api di dalam gunung berapi”, karena danau yang mengelilingi gunung berapi ini dulunya adalah mulut gunung berapi. Awalnya gunung api ini berdiri dengan ketinggian 18.000 kaki dan letusan sebelumnya bertanggung jawab untuk restrukturisasi. Hampir 5000-6000 kehidupan telah hilang karena letusan gunung ini. Letusan gunung berapi terakhir terjadi pada tahun 1977. Baru-baru ini Gunung Berapi ini telah mulai menunjukkan tanda-tanda adanya letusan berat. Oleh karena itu, lembaga seismologi Filipina telah menginstruksikan wisatawan dan orang-orang agar tidak mengunjungi gunung ini lebih dekat.

C. Mt. Merapi:

merapi7-1

Secara harfiah Gunung Merapi merujuk kepada gunung api. Namanya telah menegaskan dengan kegiatan yang telah dilakukan selama 10.000 tahun. Terletak di kota Yogyakarta, Indonesia. Kota ini merupakan tempat tinggal ribuan penduduk. Itu adalah gunung berapi paling aktif di antara 130 gunung berapi lainnya yang ada di Indonesia. Terletak di Fire ofPacific Ring, Gunung Berapi ini telah menghilangkan lebih dari ribuan nyawa. Diyakini bahwa gunung api ini yang menyebabkan kematian Kerajaan Mataram Hindu. Rentang kecepatan aliran magma ini adalah 70-100 mil per jam. Letusan terakhir gunung berapi terjadi pada tahun 2006, diklaim 130 orang yang hidup dan lebih dari 300.000 orang menjadi tunawisma.

D. Santa Maria:

santa-maria-300x225

Ini adalah gunung berapi paling aktif sejak abad ke-20 dengan letusan gunung berapi yang banyak terjadi dalam 10 dekade. Terletak sekitar 130 kilometer dari kota Guatemala, terletak di Pacific Ring of Fire. Kawah di Santa Maria dibentuk setelah terjadinya ledakan besar pada tahun 1902. Ada sebuah kubah kompleks yang di namakan Sanitaguito yang dibentuk dari deposito magma. Letusan terbaru terjadi pada bulan Maret 2011.

E. Ulawun:

280px-ulawun

Ulawun terletak di wilayah Papau Nugini dan mulai meletus pada abad ke-18. Gunung Merapi ini telah meletus hampir 22 kali. Semua letusan terjadi pada tahun 1980 yang mengeluarkan abu sampai 18 kilometer dan menghancurkan hampir seluas 20 kilometer persegi. Sekarang gunung api ini memiliki puncak tertinggi di antara yang lainnya. Hal ini diasumsikan bahwa ia telah mencapai batas maksimum dan akan segera merestrukturisasi sendiri oleh letusan gunung magma. Letusan terakhir gunung berapi terjadi pada tahun 2010 dan memancarkan abu hingga 3,7 kilometer.

Serem juga ya ternyata kalau tinggal di dekat gunung berapi yang masih aktif, bagi kalian yang tinggal di dekat gunung berapi saya berharap kalian berhati-hati yach….