Hewan Terkecil Di Dunia

Bumi memiliki banyak varietas yang berbeda dari organisme yang hidup dan beberapa dari mereka terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Tanpa kita sadari ternyata ada begitu banyak makhluk-makhluk yang sangat kecil di bumi ini. Organisme dapat berbentuk multi selular atau bersel satu. Organisme uniseluler sangat kecil dalam ukurannya jika dibandingkan dengan yang multi selular. Organisme ini memiliki kemampuan untuk mereproduksi dengan mudah. Mereka memiliki ukuran yang berbeda dari beberapa nano meter hingga puluhan meter. Di sini kami telah membuat beberapa daftar dari organisme terkecil yang mungkin belum pernah kamu dengar.

A. LANDAK LAUT

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Landak laut memiliki ukuran yang sangat kecil dan memiliki struktur bulat. Landak laut termasuk dalam kelas Echinoidea dan memiliki tubuh yang berduri. Landak laut terutama ditemukan di lautan. Landak laut ditemukan dalam begitu banyak varietas warna yang berbeda seperti zaitun, hijau, ungu, merah, biru, coklat dan hitam. Landak laut memiliki ukuran sekitar 1,2 inci dan ukuran maksimumnya mencapai 3,9 inci.

B. BINTANG LAUT

starfish-wallpapers-10

Banyak dari kamu pasti belum mengetahui tentang bintang laut. Bintang laut memiliki berbagai ukuran dan warna. Bintang laut termasuk dalam kelas Asteroidea. Bintang laut dapat ditemukan di kedalaman 600 meter. Seperti namanya, hewan ini tampak seperti bintang dan memiliki disk bundar yang ada pada tubuhnya. Ada berbagai jenis bintang laut yang ditemukan di seluruh dunia dengan Patiriella Parvivipara terpendek pada tubuhnya.

C. TERIPANG

220px-sea_cucumber

Teripang termasuk di antara Echinodermata dan juga termasuk dalam kelas Holothuroidea. Teripang dapat di temukan di seluruh dunia dan teripang hidup di dekat dasar laut. Teripang memiliki tekstur kulit yang kasar dan tubuhnya berbentuk memanjang. Teripang berkomunikasi dengan mengirimkan sinyal hormon kepada satu sama lain di dalam air. Mereka memiliki ukuran khas berkisar antara 3.9 hingga 11,8 inci. Teripang terkecil adalah ganapatti Psammothuria yang memiliki ukuran 4 mm. Teripang memiliki tubuh silinder dan tidak memiliki lengan, biasanya ditemukan di Echinodermata.

D. KUMBANG

kumbang_badak_jantan_2

Kumbang adalah makhluk bersayap dan kumbang memiliki sepasang sayap yang biasa disebut coleoptera. Kumbang dapat ditemukan dalam setiap bagian dari bumi kecuali wilayah kutub dan laut. Hewan ini berjumlah sekitar 35.000 sampai 40.000 jenis yang dapat ditemukan di bumi. Yang terkecil dari semua spesies kumbang adalah Scydosella Musawasensis. Ukuran spesies ini sekitar 300 micrometer dan ini muat jika di letakkan pada ujung jari .

E. ERIOPHYIDAE

salix_sp_with_eriophyidae_galls_upernavik_1

Eriophyidae adalah keluarga dekat tungau dan ini adalah parasit tanaman. Eriophyidae biasanya ditemukan pada daun dan Eriophyidae selalu merusak daun. Eriophyidae juga dikenal sebagai tungau empedu ketika mereka menyebabkan kerusakan. Eriophyidae dapat ditemukan dalam nuansa merah muda, kekuningan, atau keunguan. Eriophyidae mirip cacing dan memiliki sepasang kaki. Ukuran mereka dapat berkisar antara 125 hingga 250 mm.

F. CRUSTACEA – Stygotantulus stok

grapsus_grapsusi_jp8051_1

Crustacea termasuk dalam kelompok Arthropoda dan kelompok ini termasuk dalam hewan yang sangat akrab dengan kita seperti udang, lobster, dan kepiting. Crustacea memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Crustacea terutama ditemukan dalam air laut, tetapi beberapa juga dapat ditemukan di lingkungan darat. Jenis terkecil dari hewan ini adalah stocki Stygotanulus yang memiliki panjang rata-rata 0.1 milimeter. Tubuh mereka dibagi menjadi tiga wilayah, kepala, thorax dan perut.

G. BERSEL SATU

eukaryotic-and-prokaryotic-cells

Organisme yang memiliki membran biasa di sebut sebagai bersel satu. Ada banyak jenis bersel satu yang ditemukan di bumi mulai dari hewan, tumbuhan dan jamur. Di antara berbagai macam bersel satu, Prasinophtes merupakan yang terkecil. Prasinophtes adalah ganggang hijau dan ukuran mereka sekitar 0.8 mikrometer. Makhluk-makhluk ini ditemukan di perairan dan ini adalah organisme yang hidup bebas.